Sistematika penulisan proposal skripsi

Halo para pembaca setia yang ceria..

Pada kesempatan kali ini yang akan saya bahas adalah mengenai bagaimana sistematika penulisan proposal skripsi. Duh pastinya ini sangat popular dikalangan mahasiswa semester akhir. Kalian yang akan menyusun sebuah karya tulis yaitu skripsi sangat tepat untuk membaca artikel kali ini. Di antara sobat sekalian pasti ada yang masih bingung dan tidak tau harus dimulai dari mana jika ingin membuat sebuah proposal skripsi. Banyak membaca referensi artikel juga sangat penting untuk menambah wawasan dalam sistematika penulisan proposal skripsi. Bisa juga pergi ke berbagai perpustakaan yang ada di daerah ataupun kampus sobat skalian.

Intinya tidak perlu khawatir dalam sistematika penulisan proposal skripsi, cukup mengikuti susunan sistematika nya akan memudahkan para mahasiswa semester akhir dalam pembuatan proposal skripsi. Tidak perlu putus asa ketika menghadapi berbagai rintangan dalam pembuatan proposal ini, ingatlah ini hanya sebuah langkah awal untuk menjadi sukses dan berhasil dimasa setelah kuliah selesai.

Langsung saja disini saya akan membagikan sistematika penulisan proposal skripsi yang baik dan benar.

1. Bagian Awal

Halaman Sampul

Halaman Judul

Halaman Pengesahan

2. Bagian Isi

BAB I PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang Permasalahan
    1. Rumusan Permasalahan
    1. Batasan Permasalahan
    1. Tujuan Penelitian
    1. Manfaat Penelitian

BAB II TINJAUAN PUSTAKA

  1. Tinjauan Pustaka
    1. Landasan Teori

BAB III METODOLOGI PENELITIAN

  • Lokasi/Obyek Penelitian
    • Data Yang Diperlukan
    • Metode Pengumpulan Data
    • Metode Analisa Data
    • Langkah dan Diagram Alir Langkah Penelitian
    • Rencana Jadual Penelitian

3. Bagian Akhir

Daftar Pustaka

Lampiran 


Nah, setelah teman-teman mengetahui bagian-bagian sistematika penulisan proposal skripsi yang baik dan benar selanjutnya saya akan menjelaskan bagian-bagian tadi secara jelas agar memudahkan teman-teman dalam membuat sebuah proposal skripsi

Penjelasan Sistematika Proposal

1.    Bagian Awal

  • §  Halaman Sampul (Format Terlampir)
  • §  Halaman Judul

Segala hal yang berkaitan dengan judul haruslah singkat,lengkap,dan jelas. Maksudnya dari sebuah judul yang akan teman-teman buat akan membuat seseorang mengetahui apa sebenarnya permasalahan yang akan dibahas/diteliti. Format terlampir

  • Halaman Pengesahan (Format Terlampir)

Pada bagian halaman pengesahan terdapat judul dan tanda tangan para dosen, meliputi : tanda tangan dosen pembimbing, dan dosen penguji (tergantung seberapa banyaknya dosen penguji saat teman-teman seminar proposal) tanda tangan ketua jurusan saat dilaksanakannya seminar proposal.

2. Bagian Isi

BAB I PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Permasalahan

Latar belakang permasalahan berisikan tentang fenomena umum yang sering terjadi lalu dipersempit mengarah ke permasalahan yang akan dibahas/diteliti. Latar belakang permasalahan merupakan uraian yang komperhensif mengenai pentingnya permasalahan ini diangkat menjadi sebuah topic pada proposal teman-teman.  Pikirkan kembali apa yang menjadi masalah yang sering terjadi di sekitar anda lalu pikirkan bagaimana hal ini menjadi penting untuk dibahas. Cari tahu juga dasar ilmiah dalam permasalahan tersebut. Jika tidak ada teoritis nya jangan digunakan sebagai latar belakang permasalahan proposal teman-teman. Carilah latar belakang yang lainnya yang memiliki dasar teoritis saat pembuatan sebuah proposal skripsi.

1.2. Rumusan Permasalahan

Rumusan masalah berkaitan dengan bagaimana penjelasan permasalahan yang akan dibahas. Permasalahan yang diuraikan pada latar belakang permasalahan dirumuskan kembali secara tegas dan jelas dalam bentuk poin poin yang terperinci.

Contoh :

Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas, maka permasalahan yang akan dibahas/diteliti dalam Skripsi ini dirumuskan sebagai berikut: 

1. Bagaimana ………………..

2. apakah ………………

1.3. Batasan Permasalahan

Batasan masalah berisikan tentang ruang lingkup masalah yang terlalu luas menjadi dipersempit. Dari sekian banyaknya masalah masalah yang ditemukan dilapangan maka, pilihlah satu atau dua dari masalah tersebut untuk dibahas dan diletakkan pada halaman batasan masalah.

Jika sudah menentukan batasan masalah, maka pada bab selanjutnya adalah bagaimana menyelesaikan batasan permasalahan ini.

1.4. Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian berisikan tentang bagaimana tujuan utama yang ingin dicapai dalam kegiatan penelitian skripsi yang akan dilakukan dilapangan. Tujuan penelitian ini haruslah berkaitan dan berkesinambungan dengan judul dan latar belakang permasalahan.

1.5. Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian berisikan tentang manfaat/kontribusi ilmiah dalam ilmu pengetahuan yang akan diperoleh dari hasil penelitian. Manfaat penelitian ini juga berdampak oleh perusahaan/pemakai apabila nantinya hasil penelitian ini diterapkan di dalam sebuah perusahaan.

BAB II TINJAUAN PUSTAKA

2.1. Tinjauan Pustaka

Tinjauan pustaka yang terdapat pada bab II berisikan tentang hasil-hasil penelitian yang relevan yang sebelumnya pernah dilakukan, minimal 3 buah ditulis dalam 3-4 halaman, dan memuat ringkasan mengenai kelebihan dan kelemahan dari penelitian masing-masing.

Dan buatlah penegasan posisi penelitian yang akan dilakukan mahasiswa terhadap peneliti-peneliti yang dilakukan sebelumnya.

Dan buatlah keterangan berisikan kritik pada kelemahan atau kekurangan yang terdapat pada penelitian yang sudah dilakukan oleh peneliti-peneliti yang lainnya. Dan buatlah argument bahwa penelitian yang akan dilakukan ini bersifat penyempurnaan dan pengembangan dari peneliti terdahulu.

Hal yang terpenting di bagian ini adalah menyertakan sumber pustaka yang dirujuk pada kalimat atau pernyataan yang diacu dalam daftar pustaka.

2.2. Landasan Teori

Landasan terori memuat tentang rangkuman dari teori-teori yang diambil dari buku/literature/skripsi yang mendukung penelitian yang akan dilakukan. Dan jelaskan mengenai konsep dan prinsip dasar yang diperlukan untuk pemecahan masalah.

Landasan Teori ini dapat berbentuk uraian kualitatif, model matematis, atau tools yang langsung berkaitan dengan permasalahan yang diteliti. Contoh: teori tentang flowchart, decission table, Data Flow Diagram, HIPO, normalisasi database, DBMS, dll).

Sumber teori yang dirujuk pada bagian ini harus dicantumkan dalam kalimat/pernyataan yang diacu dan dalam Daftar Pustaka.

BAB III METODOLOGI PENELITIAN

3.1. Lokasi/Obyek Penelitian

Berisikan tentang penjelasan lokasi dan obyek yang akan diteliti secara jelas

3.2. Data Yang Diperlukan

Berisikan tentang penjelasan secara lengkap dan terperinci tentang macam-macam data yang diperlukan untuk sebuah analisis dalam pembahasan

3.3. Metode Pengumpulan Data

Berisikan tentang penjelasan secara lengkap dan terperinci tentang cara yang digunakan dalam proses pengumpulan data. Misalnya dalam metode pengumpulan data menggunakan berbagai macam alat yaitu: melalui observasi,wawancara,eksperimen,atau penyebaran angket. Jika melakukan wawancara maka pembicaraan dalam wawancara tersebut harus diketik dan dilapirkan pada lembar lampiran. Dan jika melakukan metode pengumpulan data dengan angket, maka blangko angket juga harus dilampirkan pada halaman lampiran. Untuk semua jenis pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian harus dijelaskan tentang data apa saja yang dikumpulkan dengan metode yang terkait.

3.4. Metode Analisa Data

Berisikan tentang penjelasan secara lengkap dan terinci tentang metode dan alat yang digunakan untuk analisis data, misalnya bagan alir sistem, tabel keputusan, Diagram Alir Data, HIPO, IPO chart, dll.

3.5. Langkah dan Diagram Alir Langkah Penelitian

Berisikan tentang penjelasan secara lengkap dan terperinci tentang langkah-langkah yang dilakukan pada saat dilakukannya penelitian. Dimulai dari perumusan permasalahan hingga pengambilan kesimpulan.

Selain itu, langkah penelitian juga perlu ditunjukkan dalam bentuk diagram alir langkah penelitian secara lengkap dan terinci. 

Catatan: 

Jika  penelitian yang akan dilakukan berupa rekayasa/desain, maka penjelasan pada bagian ini dapat disesuaikan dengan permasalahannya.

3.6. Rencana Jadwal Penelitian

Berisikan tentang penjelasan secara ringkas tentang alokasi waktu yang direncanakan untuk pelaksanaan penelitian. 

Jangka waktu penyelesaian TMS berkisar antara 3-4 bulan, sedangkan Skripsi berkisar antara 4-6 bulan.

Jadwal pelaksanaan penelitian dapat disusun dalam bentuk tabel yang memuat tahapan kegiatan dan alokasi waktu.

3. Bagian Akhir

  • Daftar Pustaka

pada saat dilakukannya penelitian bisa saja daftar pustaka berubah ubah sejalan dengan penelitian yang berlangsung. Bisa saja menjadi banyak dan berkembang sebelum penelitian ini selesai dilaksanakan.

  • Lampiran

Berisikan semua blangko angket/wawancara atau pengumpulan data lainnya. Masukkan semua jenis data yang berkaitan dengan alat apa yang anda gunakan ketika melakukan pengujian data.

Nah, sekarang teman-teman sudah taukan bagaimana sistematika penulisan proposal skripsi ?? Setelah teman-teman sudah paham,,yuk dari sekarang tentuka judul proposal skripsimu. Sebaiknya judul skripsi jangan terlalu luas ataupun sempit ya. Maksimal 14 kata pada judul proposal skripsi kamu. Pikirkan lah ide cemerlang yang akan kamu bahas dalam skripsimu. Dan jangan sesekali mencontek skripsi orang lain yaa. Usaha terbaik adalah membuat sebuah karya ilmiah yang sungguh-sungguh dan bermanfaat untuk orang banyak. Sekian dari saya.. terimakasih sudah mengunjungi blog saya

Related Post to Sistematika penulisan proposal skripsi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *