Contoh Proposal Usaha Bisnis Butik

Posted on

KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT serta shalawat dan salam kita sampaikan hanya bagi tokoh dan teladan kita Nabi Muhammad SAW.

Diantara sekian banyak nikmat Allah SWT yang membawa kita dari kegelapan ke dimensi terang seperti sekarang ini yang memberi hikmah dan yang paling bermanfaat bagi seluruh umat manusia.

Sehingga oleh karenanya kami dapat menyelesaikan tugas kewirausahaan ini dengan baik dan tepat waktu.

Adapun maksud dan tujuan kami dari penyusunan proposal usaha butik ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh guru pada mata kuliah pengantar tugas informatika.

Dalam proses penyusunan tugas ini kami menemui hambatan, namun berkat dukungan materil dari berbagai pihak akhirnya kami dapat menyelesaikan tugas ini dengan cukup baik.

Oleh karena itu melalui kesempatan kali ini kami menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak terkait yang telah membantu menyelesaikan tugas ini.

Segala sesuatu yang salah datangnya hanya dari manusia dan seluruh hal yang benar datangnya hanya dari agama berkat adanya nikmat iman dari Allah SWT.

Contoh Proposal Usaha Bisnis Butik

Meski begitu tentu contoh proposal usaha butik ini masih jauh dari kata kesempurnaan, oleh karena itu segala saran dan kritik yang membangun dari semua pihak sangat kami harapkan demi perbaikan pada tugas selanjutnya.

Harapan kami semoga tugas ini bermanfaat khususnya bagi kami dan bagi para pembaca lain pada umumnya.

Depok, Februari 2019


Tim Penyusun

 BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Nama dan Alamat Perusahaan

Nama perusahaan         : D’bridal Butik
Alamat perusahaan       : Jl. Kemang Selatan, No. 17 – Jakarta
No. Telp                       : (021) 8401767

1.2 Nama dan Alamat Pemilik

Nama pemilik : Priyanti Kusuma Sari
Alamat pemilik : Jl. Makmur no.39a Lubang buaya – Jakarta
No. Telp : 085776587657

1.3 Nama dan Alamat Penanggung Jawab

Nama : Nansy Achyati Leonita
Alamat : Pintu Air RT/01 RW/04, Raya Bogor – Depok
No. Telp : 08896543271

1.4 Nama dan Alamat Penanggung Jawab

Nama : Niken Tyagitha
Alamat : RTM no.56, Kelapa Dua – Depok
No. Telp : 081234657867

1.5 Informasi Tentang Bisnis yang Dilaksanakan

Perusahaan kami ini bergerak di bidang perdagangan yang menjual berbagai aneka baju dan juga fashion yang pastinya uptodate dan cocok dengan selera masyarakat jakarta, khususnya untuk kaum remaja dan dewasa.

Sebelum kami menjalankan perusahaan yang kami rencanakan ini, maka kami harus mempunyai modal usaha terlebih dahulu.

Untuk merencanakan pemasaran, perusahaan kami ini akan mempromosikan dan mendistribusikan produk kami melalui pasar tradisional maupun pasar modern yang mudah terjangkau oleh para pembeli/konsumen.

Adapun maksud dan tujuan kami mendirikan perusahaan ini yaitu:

1). Berperan aktif dalam bidang bisnis dan kewirausahaan
2) Menyediakan kebutuhan fashion bagi masyarakat agar lebih mudah
3) Mengurangi tingkat pengangguran
4) Menjalin persahabatan antara pelanggan, dan
5) Mendapatkan keuntungan atau laba.

BAB II
RANGKUMAN EKSEKUTIF

2.1 Latar Belakang

Dengan semakin berkembang dan semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan fashion, maka kami berinisiatif untuk membuka suatu usaha butik yang up to date dan mengerti akan kebutuhan masyarakat.

Perumahan di kemang merupakan salah satu perumahan yang relatif baru dibangun dan mayoritas masyarakat di Perumahan tersebut adalah masyarakat yang memiliki pola pikir yang sudah maju dan modern.

Mereka seringkali mencari fashion-fashion ataupun kebutuhan lainnya yang ter up to date saat ini.

Daerah sekitar Perumahan ini sangat tepat dijadikan tempat untuk membuka usaha butik, karena hingga saat ini sangat sedikit sekali atau boleh dikatakan belum ada tempat yang memberi pelayanan kebutuhan fashion di sekitar.

Perusahaan Bisnis Butik ini berdiri atas kerjasama serta keinginan anak muda yang memiliki hobi dan kegemaran yang sama di dalam bidang fashion.

Karena sering bertemu dalam berbagai kegiatan di bidang fashion dan desain, generasi muda ini mencetuskan ide untuk mendirikan sebuah usaha Distro yang dinamakan D’bridal yang berdiri di Kemang Selatan.

Lingkungan yang memiliki tingkat pendidikan pengetahuan tentang mode, tapi masih dapat dikatakan minim dalam mempromosikan pentingnya kebutuhan fashion dalam yang baik dan bekualitas bagi masyarakatnya.

D’bridal Butik ini didirikan untuk mempelopori kecintaan Pemudi dalam bidang fashion yang up to date tanpa melupakan corak & ciri khas Indonesia.

2.2 Visi dan Misi

Visi : 
Mitra dan solusi bagi seluruh masyarakat dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan dalam hal fashion yang up to date untuk memberikan warna dan gaya dalam kehidupan.

Misi : 
Memberikan dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas tinggi demi kepuasaan pelanggan.

2.3 Lokasi

Lokasi yang dipilih merupakan tempat yang sangat strategis di Perumahan Komp. Kemang

Karena berada tidak jauh dari Pusat Kota, lokasi ini mudah terlihat dan berada di jalan utama perumahan yang merupakan jalan lalu lalang masyarakat sekitar sehingga dapat dengan mudah dicari dan didatangi.

2.4 Ruangan/Tempat yang Dibutuhkan

Ruangan / Tempat yang dibutuhkan pada awal kali membuka usaha butik ini tidak terlalu luas dan juga tidak terlalu sempit, yakni 1 ruangan ukuran 9m x 11m.

2.5 Waktu Operasional

Waktu untuk melakukan pelayanan usaha butik ini dibuka mulai dari pukul 10.00 pagi sampai dengan pukul 20.00.

2.6 Kesan atau Counter Style

Kesan yang akan kami bangun dalam melayani pelanggan adalah ”Comfortable and High Quality Service with smile” sehingga pelanggan merasa nyaman saat berada di tempat pelayanan kami dan membuat mereka selalu ingin kembali karena pelayanannya yang memuaskan.

2.7 Konsep Promosi

Langkah yang kami lakukan dalam promosi ini adalah dengan membuat sebuah display di pintu gerbang perumahan dan mengandalkan informasi dari pelanggan ke pelanggan serta menyediakan brosur promosi.

Selain itu, kami juga membuat advertisement secara on-line di internet agar dapat dijangkau masyarakat luas dengan cara melakukan transaksi atau pun bisnis on-line.

Dengan cara ini kami optimis bahwa D’bridal butik akan lebih mudah dan cepat dikenal oleh masyarakat.

2.8 Target Pelanggan

Target pelanggan Butik ini adalah para Pemudi yang sedang terpengaruh oleh fashion- fashion yang uptodate.

Mereka merupakan para pengguna baju-baju yang memiliki ciri khas tertentu.

BAB III
ANALISIS INDUSTRI

3.1 Prespektif Masa Depan Usaha

Dengan terciptanya tempat usaha yang bergerak di bidang perdagangan, khususnya dalam hal fashion dengan lokasi yang dapat dikatakan strategis, maka kami yakin usaha ini akan maju.

Karena kebutuhan dan permintaan akan fashion di kalangan masyarakat remaja dan dewasa terutama sekitar Perumahan Kemang Selatan pada saat ini sangat besar.

3.2 Analisis Persaingan

Berdasarkan pemantauan kami dan hasil survey yang ada bahwa di sekitar lokasi tempat yang kami dirikan usaha butik ini masih belum terdapat sebuah tempat belanja pakaian dengan suasana yang nyaman dan kekeluargaan.

3.3 Segmentasi Pasar yang akan dimasuki

D’bridal ini membidik pasar kelas menengah ke bawah, dengan pemberian harga yang terjangkau.

Pada prinsipnya kami akan membuka usaha ini dengan suasana kekeluargaan dan pelayanan yang sangat baik, sehingga membuat masyarakat merasa puas dengan layanan kami dan senantiasa akan kembali ke tempat kami.

Karena segmen pasar usaha Butik ini cenderung kemasyarakatan sehingga hal ini dapat memicu persaingan dengan usaha-usaha butik lainnya.

Pada awalnya pemenuhan permintaan pakaian dapat dipenuhi dari butik, akan tetapi dengan semakin tingginya populasi rakyat, maka kemampuan butik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat semakin rendah.

Hal ini mendorong kami untuk melakukan pelayanan yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.

BAB IV
DESKRIPSI USAHA

4.1 Produk yang Dihasilkan

Semakin tingginya kebutuhan para masyarakat akan pakaian dan fashion lainnya sehingga menghabiskan sampai 3 lusin pakaian dalam sehari, belum termasuk aksesoris yang semakin marak digunakan oleh masyarakat, khususnya oleh anak remaja.

Adapun kualitas produk atau mutu produk yang kami hasilkan memiliki beberapa keunggulan:

o   Berkualitas tinggi dan dapat memuaskan para konsumen
o   Bermacam-macam bentuk dan ukurannya dengan style yang uptodate
o   Hasil sablon sangat rapi dan tidak mudah luntur walau beberapa kali di cuci.

Kegunaan produk Sebagai kebutuhan sehari-hari dengan berbagai macam fungsi dan manfaatSelain itu, produk yang kami pasarkan mempunyai beberapa keistimewaan, diantaranya :
o   Harga terjangkau oleh kemampuan konsumen
o   kualitas produk terjamin
o   Sesuai dengan selera masyarakat

4.2 Ruang Lingkup Usaha

Ruang lingkup usaha butik ini kami rancang dengan sebaik mungkin karena semua itu dapat berpengaruh terhadap maju mundurnya perusahaan kami, maka dari itu kami berusaha memberikan sesuatu yang terbaik untuk para konsumen.

Perusahaan D’bridal Butik terletak di Jl. Kemang Selatan, No. 17  – Jakarta. Butik ini  sudah memenuhi persyaratan berdirinya sebuah perusahaan, karena lokasi tersebut tidak terlalu jauh dari pemukiman penduduk dan akses transportasi menuju lokasi perusahaan sudah sangat lancar.

4.3 Personalia dan Perlengkapan

KantorPemilik                : Priyanti Kusuma Sari  
Penanggung Jawab       : Nansy Achyati Leonita   
Sekretaris                       :  Niken Tyagitha   
Bendahara                      :  Nikki Oktivani

BAB V
RENCANA PRODUKSI

5.1 Sumber-sumber Produk / Bahan

Untuk sumber-sumber bahan baku atau supplier pakaian, kami mengambil dari supplier atau perusahaan yang sudah sangat terjamin dan terbukti kualitas pakaiannya dengan model dan corak yang menarik konsumen tentunya.

Sehingga dengan begitu tidak merugikan berbagai pihak manapun, baik dari pihak perusahaan maupun konsumen yang membelinya.

BAB VI
RENCANA PEMASARAN

6.1 Penetapan Harga

Harga yang akan dikenakan merupakan harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat sekitar.

Setelah memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya kami menetapkan sebagai harga awal.

Berikut adalah tabel harga jasa produk yang ditawarkan.
Adapun untuk selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan selanjutnya.

No.Jenis ProdukHarga
1Kemeja> Rp. 120.000,- s/d Rp. 300.000,-
2Kaos> Rp. 65.000,- s/d Rp. 200.000  ,-
3Jeans> Rp. 200.000,- s/d Rp. 350.000,-
4Gaun  > Rp. 300.000,- s/d Rp. 450.000,-
5Kerudung> Rp.   35.000,- s/d Rp. 90.000,-
6Rok> Rp. 135.000,- s/d Rp. 250.000,-
7Jaket> Rp. 300.000,-
8AksesorisRp. 24.500,- s.d Rp. 78.900,-

6.2 Pelaksanaan Distribusi

Distribusi yang dilakukan perusahaan kami yaitu distribusi intensif, diusahakan sebanyak mungkin agar dapat menjual produk sebanyak-banyaknya dan lebih mendekati konsumen.

Sehingga lebih mudah dalam penjualannya dan dapat menghasilkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya. 

6.3 Strategi Promosi yang akan dilakukan 

Strategi yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :

•  Membuat pamphlet-pamphlet berisi produk – produk baru yang akan ditempel tiap bulannya
•  Melakukan iklan-iklan di dunia internet baik melalui situs jejaring sosial maupun forum
•  Membuat katalog-katalog mengenai fashion yang sedang uptodate di Butik

BAB VII
PERENCANAAN ORGANISASI

7.1  Job Description

¤   Pemilik usaha bertugas untuk memantau jalannya usaha dan menerima laporan sebulan sekali dari hasil usaha.

¤   Sekretaris bertugas untuk membuat surat-surat yang dibutuhkan oleh perusahaan dan mencatat data.

¤   Bendahara bertugas untuk membuat laporan keuangan setiap bulannya.

¤   Penanggung jawab bertugas untuk bertanggung jawab mengenai kejadian-kejadian yang terjadi di distro dan bertanggung jawab untuk memantau cara kerja bawahannya dalam melayani pelanggan.

¤   Karyawan bertugas melayani para pelanggan distro dengan menerapkan prinsip pelayanan prima.

7.2 Latar Belakang Tim Management

Latar belakang tim management ini terdiri dari orang-orang terdekat yang dipercayai dan dapat memajukan tempat pelayanan yang berhubungan dengan usaha butik.

Selain itu dituntut untuk profesionalisme dalam menjalankan setiap pekerjaan.

7.3 Status Kepemilikan Usaha

Badan usaha adalah satu kesatuan yuridis ekonomis yang bertujuan untuk mencari keuntungan.

Adapun status kepemilikan distro D’bridal butik yaitu perseroan, dimana pengelolaannya di lakukan langsung oleh pemilik butik. 

Contoh Proposal Usaha Bisnis Butik

BAB VIII
RISIKO

8.1 Evaluasi tentang kelemahan Usaha (Analisis SWOT)

Strength (Kekuatan)
1. Bertanggung jawab, disiplin kerja, kreatif dan inovatif
2. Dapat memenuhi kebutuhan pelanggan
3. Memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan
4. Menjual produk yang berkualitas

Weaknes (Kelemahan)
1. Persaingan pasar dengan perusahaan yang berskala nasional
2. Berubahnya kondisi perekonomian

Oportunity (Peluang)
1. Dengan tetap manjaga mutu dan kualitas produk, kami yakin kami dapat bersaing walaupun harus bersaing dengan perusahaan berskala nasional yang akan muncul di kemudian hari nantinya

2. Saat ini dengan belum adanya perusahaan dalam bidang usaha sejenis di Komp. Garut Indah, membuat kami yakin bahwa kedepannya perusahaan kami akan maju.

Threaty (Ancaman) :
Munculnya Perusahaan – perusahaan baru sejenis yang berusaha menyaingi perusahaan kami dengan style-style terbaru.

8.2 Gambaran tentang Masa Kini

Resiko yang dihadapi adalah dapat berupa ancaman terhadap kelangsungan jumlah kunjungan pelanggan.

Hal ini disebabkan oleh semakin banyaknya Butik-butik maupun outlet-outlet yang menjual pakaian dengan lebih mudah dan murah yang berskala internasional. 

Dengan ini maka lambat laun akan semakin banyaknya orang yang mengunjungi butik lainnya.

Sebagai upaya dalam mengantisipasi hal ini, maka kami selalu memberikan dan menyediakan produk yang terbaru dan tentunya sesuai dengan selera dan kebutuhan masyarakat. 

Dengan begitu maka para pelanggan akan memiliki keterkaitan dan terus merasa perlu untuk datang ke tempat kami.

BAB IX
PERENCANAAN PERMODALAN

9.1 Sumber-sumber permodalan

Sebagai sumber awal mula pendirian D’bridal butik yaitu dari pemilik Butik sendiri.

Sebagai investasinya untuk itu didirikanlah perusahaan dalam bidang perdagangan ini.

9.2 Neraca Permulaan Perusahaan

a)      Biaya produksi per tahun terdiri dari:

1.      Modal Awal Produksi

Renovasi Awal & Desain InteriorRp.   90.000.000,-
Kulakan baju grosirRp. 500.000.000,-
Biaya Soft Opening dan Promosi awalRp.     7.000.000,-
Biaya gaji karyawan tahun pertamaRp.   55.000.000 ,-  +
Jumlah Modal ProduksiRp. 652.000.000,-

2.  Biaya lain-lain       
Listrik                                                            Rp. 14.000.000,-·         Asuransi                                              Rp. 10.000.000,-·         Transportasi                                       Rp.   7.500.000,-·         Administrasi                                       Rp.   4.500.000,-·         Pajak                                                    Rp.   2.750.000,-·         

Pemeliharaan gedung dan peralatan   Rp.   5.000.000,-  +
Jumlah biaya lain-lain                           Rp. 43.750.000,-

Total seluruh biaya produksi (1 + 2)
Jumlah modal produksi                                    Rp. 700.000.000,-
Jumlah biaya lain-lain                                     Rp.   50.750.000,-    
Total                                                                 Rp. 750.750.000

9.3 Proyeksi Aliran Kas

Untuk butik kami ini proyeksi keuntungan kotor adalah sebesar 30% dari penghasilan.

Rata-rata untuk distro kami ini, akan mampu menjual sekitar 970 lebih juta pertahun, sehingga jika diambil keuntungan bersih pertahun adalah sekitar 250 – 300 juta pertahun.

Sehingga pada tahun kedua kami sudah bisa balik modal.
Dan tahun ke 3, 4 dan seterusnya, kami tinggal mengumpulkan untung dan kemungkinan besar kami gunakan untuk ekspansi ke luar daerah.

9.4 Perencanaan Laba Rugi

INVESTASIJUMLAH (RP)
Biaya tetap
1.  Penyusutan gedung dan peralatanRp.   7.000.000,-
2.  Gaji pegawaiRp. 70.000.000,-
JumlahRp. 77.000.000,-
Biaya variable/ produksi
Kulakan baju grosirRp. 500.000.000,-
Jumlah Rp. 500.000.000,-
Biaya-biaya lain
1. Listrik
2. Asuransi
3. Transportasi    
4. Administrasi
5. Pajak               
Rp. 14.000.000,-
Rp. 10.000.000,-
Rp.   7.500.000,-
Rp.   4.500.000,-
Rp.   2.750.000,-
Total Modal produksiRp. 43.750.000,-
TOTAL MODAL (PENGELUARAN)Rp. 750.750.000,-

Pendapatan
Penjualan aneka pakaian dan fashionRp. 970.000.000,-
TOTAL PENDAPATANRp. 970.000.000,-
PROYEKSI LABA/RUGI(KEUNTUNGAN)
Total Pendapatan
Total modal / Pengeluaran

Rp. 970.000.000,-
Rp. 750.750.000,-
TOTAL KEUNTUNGAN BERSIHRp. 219.250.000,-


BAB X

APENDIKS

Sebagai pelengkap dari proposal ini, maka kami lampirkan pula :
1. Daftar Harga dari Pemasok Barang
2. Surat Tanda Daftar Usaha Perdagangan
3. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
contoh TANDA DAFTAR USAHA PERDAGANGAN (TDUP)

DEPARTEMEN PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN REPUBLIK INDONESIA
KANTOR DEPARTEMEN PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN
KABUPATEN/KOTA JAKARTA

TANDA DAFTAR USAHA PERDAGANGAN (TDUP)
NOMOR : _____________

1. Nama Perusahaan                                  :  D’BRIDAL BUTIK
2. Merek (milik sendiri/lisensi)                 :  D’BRIDAL
3. Alamat Kantor Perusahaan                   :  Jl. Kemang Selatan, No. 17 – Jakarta
4. Nama Pemilik/ penanggung Jawab     :  Priyanti
5. Alamat Pemilik/ Penanggung Jawab    :  Jl. Makmur no. 39a Lubang Buaya – Jakarta
6. Nomor Pokok wajib pajak (NPWP)     :  1.381.789.8-4357.      
7. Bidang Usaha ; Barang/ Jasa        :  Barang
8. Nilai Investasi Perusahaan Seluruhnya     : Tidak termasuk tanah dan bangunan Tempat usaha
9. Jenis Kegiatan usaha                            :  Perdagangan
10.  Jenis barang/ jasa dagangan Utama      :  Pakaian

TDUP ini diterbitkan dengan ketentuan :

Pertama:Tanda daftar Usaha Perdagangan (TDUP) ini berlaku untuk melakukan kegiatan Usaha Perdagangan.
Kedua:pemilik/ Penanggung Jawab wajib menyampaikan laporan kegiatan usaha perdagangan setiap tahun sekali.
Ketiga:Tidak berlaku untuk kegiatan Perdagangan Berjangka komoditi,    kecuali telah memenuhi ketentuan. Persyaratan yang ditetapkan untuk melakukan kegiatan perdagangan berjangka komiditi ketentuan  perundang-undangan yang berlaku

Dikeluarkan di : Jakarta
Pada Tanggal    : 7 Januari 2014  
ka. Kandep Perindustrian dan Perdagangan

Tembusan :
1. Menteri Perindustrian dan Perdagangan U.P. sekretaris Jenderal
2. Inspektur jenderal depperindag
3. Dirjen Perdagangan dalam Negeri depperindag
4. Ka. Pusdatin depperindag
5. Ka. Kanwil depperindag
6. Pertinggal

Itu tadi informasi mengenai contoh proposal bisnis butik semoga bermanfaat bagi yang membaca dan juga yang ingin membuka usaha butik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *