Contoh Proposal Kegiatan Ramadhan

PROYEK PROPOSAL KEGIATAN RAMADHAN

MASJID ADZ-DZAKIRIN

BLINDUNGAN-BONDOWOSO

TAHUN 2019 M/1440 H

A. PENDAHULUAN

Dengan terjadinya perkembangan zaman yang terus-menerus yang menyebabkan pudarkanya bingkai kehidupan manusia, yaitu semakin berkurangnya manusia-manusia yang bersyukur dan pudarnya penghambaan manusia kepada sang khaliq, karena alasan kesibukan dunia yang tiada habisnya, menjadi sebuah halangan terbesar bagi manusia terutama umat islam dalam mendekatkan diri kepada Allah yang maha esa.

Menjadi kerugian yang sangat besar jika manusia hanya menggunakan bulan ramadhan untuk sekedar berpuasa hanya karena kewajiban sebagai penganut agama islam, sehingga ia tidak melakukan berbagai amal ibadah untuk mendapatkan kebaikan, padahal bulan ramadhan adalah bulan ampunan dimana pada saat itu seluruh pintu surga dibuka selebar-lebarnya dan pintu neraka di tututp serapat-rapatnya, lalu setan di belenggu sehingga tidak dapat menggoda manusia.

Tidak hanya sekedar keniscayaan semata, namun fenomena inilah yang mampu menumbuhkan kesadaran di dalam diri masyarakat Blindungan, Bondowoso untuk senantiasa melakukan kegiatan-kegiatan amal ibadah di bulan suci ramadhan yang penuh barokah ini.

Tekad kuat ini menjadi sebuah amunisi yang ampuh untuk memenuhi bulan Ramadhan ditahun ini dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi seluruh ummat, sehingga semoga kitalah orang-orang yang beruntung sebagaimana dimaksudkan pada ayat tersebut.Tekad yang kuat ini menjadi semangat utama bagi masyarakat belanti untuk senantiasa melakukan kebajikan di bulan ramadhan tahun ini, mudah-mudahan kita menjadi salah satu orang yang mendapatkan ampunan dari Allah SWT.

Jika bukan kita sendiri yang meramaikan masjid mushola kita siapa lagi ? jika bukan kita yang memberikan sembako dan acara berbuka gratis kepada anak yatim siapa lagi?, jika bukan kita yang memberikan bantuan kepada para fakir miskin siapa lagi coba? Perbanyaklah amal-amal kebaikan selama bulan ramadhan. Semoga Allah mengangkat derajat kita semua menjadi hamba yang senatiasa bertaqwa dan istiqomah.Agar kita selalu berjuang dan berusaha terus menerus mencari keridhoaan Allah SWT, semoga dengan kegiatan ini Allah mengangkat derajat kita semua, sehingga menjadi hamba-hambanya yang senantiasa istiqomah di jalannya.

 B. NAMA KEGIATAN RAMADHAN

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Panitia Kegiatan Bulan Ramadhan Masjid Adz-Dzakirin adalah “ Menghiasi Ramadhan Dengan Memperbanyak Amal Baik 1440 H “

C. LANDASAN KEGIATAN RAMADHAN

  • Al-Qur’an Surah Al-Qadr Ayat 1-5
  • Program kerja Ta’mir Masjid Adz-Dzakirin
  • Rapat para pengurus Ta’mir Masjid Fauzul Adzim pada tanggal 06 mei 20179  tentang pembentukan panitia kegiatan ramadhan 1458 H.

D. JENIS-JENIS KEGIATAN ACARA RAMADHAN

1.Kegiatan Utama Ramadhan

Kegiatan utama ramadhan ialah serangkaian kegiatan ramadhan yang akan dilakukan selama ramadhan, kegiatan utama ramadhan tersebut meliputi beberapa kegiatan sebagai berikut:

A. Sholat Berjama’ah Tarawih

Kegiatan sholat tarawih berjama’ah ini merupakan hal yang paling umum dilakukan masyarakat. Dengan senantiasa memperbanyak sholat tarawih kita pahala kebaikan yang kita dapat akan berkali-kali lipat dari pahala sholat sunnah biasa yang kita lakukan pada bulan lain.

B. Tilawah Al-Qur’an

Kegiatan ini tilawah al-qur’an ini akan dilakukan setiap hari dengan pembagian, untuk jamaah wanita waktu tilawahnya setelah selesai sholat zhuhur, sementara untuk jamaah pria tilawah qur’an akan dilakukan sehabis sholat tarawih.

C. Qiyamulai di Malam Ramadhan

Kita semua mengetahui bahwasannya pada bulan ramadhan terdapat malam lailatul qodr, terutama di malam ganjil 10 hari terakhir ramadhan, malam tersebut lebih baik dari pada seribul bulan, oleh karena itu Masjid Adz-Dzakirin mengadakan kegiatan pada tanggal-tanggal ganjil 10 hari sebelum berakhirnya bulan suci ramadhan.

2. Agenda Kajian Untuk Menambah Wawasan Agama

Agenda Kajian merupakan kegiatan yang memberikan manfaat untuk masyarakat, karena dengan adanya kajian memberikan pengetahuan tambahan bagi masyarakat tentang ilmu agama, sehingga masyarakat bisa mengamalkannya untuk mendapatkan lebih banyak amalan-amalan kebaikan atau sebagainya, agenda kajian tersebut meliputi beberapa rincian agenda sebagai berikut.

  • Kajian Menjelang Berbuka

Kajian agama menjelang waktu berbuka tiba merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat, sembari menunggu waktu berbuka tiba kita juga melakukan kegiatan yang insyaallah memberikan banyak pahala bagi kita, karena kita mempelajari ilmu agama yang memberikan kita pemahaman baru, sehingga kita bisa memperbaiki kesalahan yang kita lakukan sebelum kita mengetahui pemahaman tersebut.

  •  Kultum Menjelang Subuh

Kultum dilaksanan ketika azan subuh akan berkumandang.Tepatnya setelah masyarakat selesai sahur, untuk mengisi waktu sebelum datangnya waktu subuh maka dilakukanlah kegiatan kultum ini, biasanya kultum di isi oleh para pemuda-pemuda dari masyarakat yang sudah mempunyai bakat dalam menyampaikan kultum.

  • Kegiatan Pengajian Nuzulul Qur’an

Nuzulul Qur’an adalah kegiatan khataman al-Qur’an yang dilakukan oleh seluruh masyarakat, kegiatan ini merupakan agenda yang sangat penting bagi para jamaah masjid Fauzul Adzim Belanti Raya Khatib Sulaiman.

D. Agenda Safari Ramadhan

Safari Ramadhan merupakan agenda tarawih keliling yang dilakukan oleh panitia ramadhan beserta para pengurus Ta’mir Masjid Adz-Dzakirin. Tujuannya adalah untuk menjalin tali silaturahmi juga meningkatkan sikap kepedulian terhadap sesama masyarakat.

3. Bantuan Untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin

Ramadhan adalah bulan yang penuh kenikmatan, keberkahan, dan waktu yang tepat untuk menghapus segala dosa-dosa yang pernah kita perbuat.Salah satu program wajib dari panitia kegiatan ramadhan adalah memberikan bantuan-bantuan kepada para anak yatim dan fakir miskin, seperti acara berbuka bersama, bagi-bagi sembako, dan acara lainnya.

4. Kegiatan Pembagian Zakat

Pembagian Zakat merupakan agenda penutup dari serangkaian kegiatan yang dilakukan selama bulan ramadhan. Zakat tersebut akan diberikan kepada para keluarga yang tidak mampu, fakir miskin, serta kaum dhuafa. Pelaksanaanya dilakukan pada setiap masjid-masjid dan mushola.

E. TUJUAN KEGIATAN RAMADHAN

  1. Memberikan bantuan kepada masyarakat berupa fasilitas yang nyaman dalam menjalankan ibadahnya di bulan ramadhan.
  2. Memberikan ilmu dan ajaran baru kepada masyarakat, sehingga mendapatkan ilmu baru yang lebih bermanfaat untuk memperbaiki ibadah yang masih kurang.
  3. Memanfaatkan bulan ramadhan untuk mempelajari keagamaan serta sosialisasi terhadap masyarakat disekitar kita.
  4. Menumbuhkan rasa kepedulian kepada masyarak disekitar lingkungan kita, seperti membagi sembako, mengadakan pengajian berjamaah, dan masih banyak lagi, sehingga tali silaturahmi terus terhubung dalam ukhuwah islamiyah yang kuat.
  5. Memberikan bantuan kepada pemerintah dalam menjalankan program pemerintah dalam neminimalisir terjadinya kesenjangan sosial, yaitu kegiatan santunan anak yatim dan fakir miskin.

F. TARGET SASARAN KEGIATAN DI BULAN RAMADHAN

1. Seluruh warga Blindungan

2. Orang yang kurang mampu dan fakir miskin yang berada disekitar Blindungan

3. Anak yatim piatu yang berada di sekitar Blindungan

4. Para Jamaah masjid Adz-Dzakirin

5. Jamaah yang berada diluar wilayah masjid Adz-Dzakirin

G. MANUAL KEGIATAN PROPOSAL RAMADHAN

Terlampir.

H. SUMBER DANA PROPOSAL KEGIATAN BULAN RAMADHAN

1.Dana Operasional Masjid Adz-Dzakirin

2.  Kas Jamaah Shalat Tarawih dan ceramah singkat.

3.  Sumbangan masyarakat

I. ESTIMASI DANA

Terlampir.

J. SUSUNAN PANITIA

Terlampir

K. PENUTUP          

Demikianlah proposal yang panitia buat dalam kegiatan di bulan Ramadhan. Semoga acara kegiatan di bulan ramadhan ini bisa berjalan dengan baik dan lancar, terimakasih atas segala partisipasi dan sumbangan untuk semua pihak yang ikut membantu.

Blindungan, 14Mei  2019

Ketua                                                                                                 Bendahara                                                                                                   sekretaris

Purnamo M. Pd.                                                                                 Surya Fajar                                                                                Sahputra, S. Pd. I.

                           Diketahui oleh,

Ta’mir Masjid Fauzul Adzim

                                                                                                           Arjuna, S. Pd. I

Related Post to Contoh Proposal Kegiatan Ramadhan