Contoh Penulisan Tujuan Penelitian dan Manfaat Penelitian Pada Proposal Skripsi PTK

Pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan informasi kepada teman-teman semua mengenai contoh penulisan tujuan penelitian dan manfaat penelitian pada proposal PTK (penelitian tindakan kelas).

Sebab saya memiliki keinginan untuk meneruskan beberapa tulisan saya dengan topik bahasan mengenai contoh tujuan penelitian dan manfaat penelitian pada proposal skripsi PTK.

PTK itu sendiri berarti suatu ragam penelitian pembelajaran yang berkonteks kelas yang dilaksanakan oleh guru dalam memecahkan masalah-masalah pembelajaran.

Jadi dapat dikatakan arti dari PTK itu sendiri ialah sebuah proses dimana para peserta menguji praktik pendidikan mereka sendiri secara sistematik dan hati-hati.

Dengan menggunakan teknik-teknik penelitian untuk melakukan perbaikan terhadap sistem, cara kerja, proses, isi atau situasi pembelajaran yang lebih efektif sehingga profesionalitas mereka berkembang.

Ini juga dapat memperbaiki mutu dan hasil pembelajaran dan mencoba hal-hal baru demi meningkatkan kualitas mutu dari hasil pembelajaran.

Berdasarkan sifat dan perilaku para anggotanya, PTK dapat berbentuk individual dan kolaboratif yang dapat juga disebut dengan PTK individual dan PTK kolaboratif.

Dalam PTK individual seorang guru melaksanakan PTK dikelasnya sendiri atau kelas orang lain.

Sedangkan dalam PTK kolaboratif beberapa guru secara sinergis melaksanakan PTK dikelas masing-masing dan diantara anggota melakukan kunjungan antar kelas.

PTK juga memiliki sejumlah karakteristik sebagai berikut:

a. Bersifat Siklis

Yang dimaksud dari bersifat siklis ini ialah PTK terlihat siklis-siklis (perencanaan, pemberian tindakan, pengamatan, dan refleksi) sebagai prosedur baku penelitian.

b. Bersifat Longitudinal

Yang dimaksud dengan bersifat longitudinal disini adalah PTK harus berlangsung dalam jangka waktu tertentu (misalnya 2-3 bulan) secara kontinyu dalam memperoleh data yang diperlukan.

c. Bersifat Partisipatoris

Yang dimaksud dengan bersifat partisipatoris ialah berarti guru sebagai peneliti sekaligus pelaku perubahan dan sasaran yang perlu diubah.

Ini berarti guru berperan ganda, yakni sebagai orang yang meneliti sekaligus yang diteliti pula.

d. Bersifat Emik

Yang dimaksud dengan bersifat emik ialah PTK memandang pembelajaran menurut sudut pandang orang dalam yang tidak berjarak dengan yang diteliti, bukan menurut sudut pandang orang luar yang berjarak dengan yang diteliti.

e. Bersifat Kolaboratif atau Kooperatif

Yang dimaksud dengan bersifat kolaboratif disini ialah dalam pelaksanaan PTK selalu kerja sama atau bekerja bersama antara peneliti (guru) dan pihak lain demi keabsahan dan tercapainya tujuan penelitian.

f. Bersifat Kasuistik

Yang dimaksud dengan bersifat kasuistik ini adalah PTK menggarap kasus-kasus spesifik atau tertentu dalam pembelajaran yang sifatnya nyata dan terjangkau guru dalam menggarap masalah-masalah besar.

Menggunakan konteks alamiah kelas artinya kelas sebagai ajang pelaksanaan PTK tidak perlu dimanipulasi dan atau direkayasa demi kebutuhan, kepentingan dan tercapainya tujuan penelitian itu.

Bermaksud mengubah kenyataan dan situasi pembelajaran menjadi lebih baik dan memenuhi harapan, bukan bermaksud membangun teori dan menguji hipotesis.

Bagaimana contoh penulisan tujuan penelitian dan manfaat penelitian pada proposal skripsi PTK?

Pertanyaan seperti diatas kerap kali di pertanyakan oleh kebanyakan orang. Pertanyaan ini biasa muncul ketika kalian sudah selesai dalam membuat rumusah masalah.

Nah disini saya akan memberi jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kalian seperti pertanyaan diatas.

Jadi sebelum itu kalian harus tahu terlebih dahulu mengenai dua jenis tipe terkait penempatannya yang akan saya informasikan seperti dibawah ini.

  1. PTK Induk, yakni PTK yang teregister di asal sekolah penempatan tugasnya
  2. PTK Non Induk, yakni PTK yang tercatat bertugas di sekolah yang bukan asal tempat tugasnya.

Sekolah terkait tempat tugas PTKnya juga dibagi menjadi dua tipe, yaitu:

  1. Sekolah Induk, yaitu sekolah asal penempatan tugas PTK
  2. Sekolah Non Induk, yaitu sekolah lain tempat bertugas tambahan PTK.

Pengertian Tujuan Penelitian

Sebelum memulai untuk membuat dan memberikan contoh-contoh dari tujuan penelitian saya akan mencoba menjelaskan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan tujuan penelitian itu sendiri.

Jadi pengertian dari tujuan penelitian adalah kalimat yang menunjukkan indikasi kearah mana penelitian dilakukan atau data-data serta informasi apa yang akan dicapai dari penelitian itu.

Bentuk kalimat dari tujuan penelitian itu sendiri adalah sebuah pernyataan yang konkrit.

Jadi bukan kalimat tanya, kalau kalimat tanya itu sendiri sama halnya seperti rumusan masalah.

Tujuan Penelitian:

  • Meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran pada pelajaran matematika tentang operasi penjumlahan bilangan bulat
  • Meningkatkan proses pelaksanaan penggunaan media kancing berwarna dalam pelajaran matematika tentang operasi penjumlahan bilangan bulat
  • Meningkatkan pemahaman siswa dalam pelajaran matematika tentang operasi penjumlahan bilangan bulat dengan menggunakan media kancing berwarna.

Pengertian Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian ini merupakan isi uraian manfaat yang dihasilkan dari dilaksanakannya penelitian itu sendiri.

Jadi tinggal kalian fikirkan saja kira-kira manfaat apa yang dapat diperoleh jika kita melakukan penelitian tersebut.

Kemudian yang harus kalian ketahui bahwa manfaat penelitian itu dapat dibagi menjadi dua yaitu manfaat secara teoritis dan manfaat secara praktis.

Manfaat teoritis berlatar dari tujuan penelitian varifikatif, untuk mengecek teori yang sudah ada.
Apakah akan memperkuat atau malah menggugurkan teori tersebut.

Manfaat teoritis ini muncul dengan berlatarkan ketidakpuasan atau keraguan terhadap teori yang sudah ada sehingga dilakukan penyelidikan kembali secara empiris.

Manfaat praktis adalah manfaat yang berguna dalam memecahkan masalah praktis.

Jadi semisal ada masalah nilai siswa yang rendah maka manfaat praktisnya adalah meningkatkan nilai siswa.

Biasanya manfaat praktis ini tidak hanya untuk satu subjek melainkan dapat berguna untuk lebih dari satu.
Misalnya manfaat untuk siswa, manfaat untuk sekolah, dan lainnya.

Jadi kalau kalian berfikir bahwa penelitian kalian itu dapat memberikan manfaat untuk banyak orang maka tulis saja semuanya.

Berikut ini beberapa manfaat penelitian:

a. Bagi Siswa

Manfaat yang dapat dirasakan langsung bagi siswa dapat berupa adanya motivasi yang tinggi dalam mengikuti pembelajaran matematika karena menggunakan media sehingga lebih menarik minat siswa.

Dengan menggunakan media yang lebih konkrit diharapkan siswa dapat menyelesaikan soal-soal.

Yang mana soal-soal tersebut berkenaan dengan penjumlahan bilangan bulat yang menjadi salah satu indikator meningkatnya pemahaman siswa pada pelajaran matematika tentang operasi penjumlahan bilangan bulat.

b. Bagi Guru

Manfaat penelitian skripsi ini bagi guru untuk mengetahui kemampuannya melaksanakan pembelajaran matematika dengan menggunakan media kancing berwarna.

Sekaligus dengan ini dapat mengetahui keefektifan media kancing berwarna dalam menyelesaikan soal matematika tentang operasi penjumlahan bilangan bulat.

c. Bagi Lembaga/Sekolah

Bila penelitian ini selesai dilaksanakan disekolah, dalam hal ini SD Negeri 3 dapat mengambil manfaat dengan adanya peningkatan kemampuan siswa.

Dan juga dapat dijadikan sebagai masukan data serta rujukan dalam mengambil suatu keputusan dalam proses pembelajaran dimasa yang akan datang.

Nah, sekian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai contoh penulisan tujuan penelitian dan contoh manfaat penelitian pada proposal skripsi PTK.

Semoga bermanfaat bagi teman-teman semua yang membaca artikel saya ini ya.

Related Post to Contoh Penulisan Tujuan Penelitian dan Manfaat Penelitian Pada Proposal Skripsi PTK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mohon Maaf Tolong dimatikan dulu AdBlocknya!!! Hargailah Penulis Konten Ini, Terimakasih
Refresh