Contoh Proposal Usaha – Kuliner Martabak Mini (Bidang Usaha Makanan Minuman)

CONTOH PROPOSAL USAHA MAKANAN

PROPOSAL USAHA

“MARTABAK MINI”

 

CONTOH PROPOSAL USAHA MAKANAN
CONTOH PROPOSAL USAHA MAKANAN

 

 

 

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah segala puji bagi Allah SWT atas limpahan tahmat dan hidayahnya saya dapat menyelesaikan “Proposal Usaha Martabak Mini” ini. Sholawat beserta salam mari kita hadiahkan kepada keharibaan junjungan  kita Nabi Muhammad SAW.

 

Tujuan utama penulisan proposan ini adalah untuk meningkatkan kreativitas dalam berwirausaha agar dapat memiliki taraf hidup yang memadai serta dapat membuka lowongan kerja di sekitar kita.

 

Berbagai rintangan dan hambatan yang saya jumpai dalam penulisan proposal ini dapat terlewati karena dukungan dari berbagai pihak, sehingga saya dapat menyelesaikan proposal ini dengan baik dan benar. Oleh karena itu saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang sudah membantu saya dalam penyelesaian proposal ini

 

Meskipun proposal ini sudah di buat dengan sebaik-baiknya namun tidak menutupi kemungkinan terdapat beberapa kekurangan di dalamnya, maka dari itu kritik dan saran yang berguna untuk memperbaiki proposal ini sangat kami harapkan.

 

Semoga proposal ini dapat membantu dan menambah wawasan bagi para pembacanya, terkhusus saya sendiri sebagai penulis.

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1              LATAR BELAKANG

Sekarang ini, perkembangan zaman begitu cepat dan membuat kebutuhan hiduppun turut meningkat dalam berbagai aspek kehidupan kita. Hal ini menyebabkan sebagian orang memilih cara cepat untuk dapat menghasilkan uang tanpa mempertimbangkan dampak dari perbuatan tersebut.

Salah satunya adalah masalah makanan, sekarang ini banyak beredar makanan-makanan yang tidak baik untuk kesehatan bahkan dapat menyebabkan penyakit berbahaya. Karena makanan tersebut diolah dengan menggunakan zat-zat berbahaya seperti formalin dan pewarna buatan yang sangat dilarang untuk digunakan dalam bahan makanan.

Namun permintaan akan konsumsi berbagai makanan terus meningkat sehingga sebagian orang terpaksa harus membeli makanan berbahaya tersebut meski mengetahui akibat yang dapat di timbulkan setelah memakannya.

Oleh karena itu, saya terdorong untuk membuat makanan yang tidak berbahaya untuk kesehatan dan bahkan dapat menimbulkan efek positif pada orang yang mengkonsumsinya guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan konsumsi berbagai jenis makanan.

Salah satu jenis makanan yang dapat memenuhi permintaan pasar tersebut adalah Martabak Mini, rasanya yang lezat dan ukurannya yang tidak terlalu besar membuat orang yang memakannya merasa ketagihan dan ingin mencoba lagi. Namun tetap mengenyangkan bagi yang mengkonsumsinya.

 

Dengan hasil pengamatan diatas, dapat kita lihat bahwa usaha martabak mini ini sangat menjanjikan dan berpotensi membuka lowongan untuk orang yang ada di sekitar kita.

 

1.2            MANFAAT USAHA

  1. Manfaat Ekonomi

Dengan melihat permintaan besar akan berbagai jenis makanan, dan cita rasa yang dimiliki martabak mini ini. Dapat kita lihat bahwa usaha ini sangat berpotensi mendatangkan keuntungan yang besar bagi pemilik usaha. Ditambah lagi ukuran yang tidak besar serta harga yang sangat terjangkau membuat setiap orang ingin mencoba lagi dan menjadi pelanggan usaha kita.

 

  1. Manfaat Sosial
  2. Bagi Pemilik

Melihat porensi yang besar ini, usaha ini berpotensi dapat berkembang dengan cepat dan diyakini dapat membuka beberapa cabang di daerah lain. Rasanya yang lezat tentu saja akan membuat usaha ini akan terus berkembang di berbagai daerah lain. Semakin besar usaha tentu saja akan semakin besar keuntungan yang dapat kita hasilkan.

 

  1. Bagi Masyarakat

Dengan terbukanya usaha martabak mini ini, dapat memenuhi kebutuhan akan makanan di lingkungan sekitar usaha serta menghindarkan masyarakat dari mengkonsumsi makanan yang berbahaya bagi kesehatan mereka.

Selain itu, usaha ini juga dapat mengurangi angka pengangguran di negara kita serta memotivasi para masyarakat di sekitar kita agar lebih kreatif dalam membuat usaha dari pada mencari kerja.

 

1.3            RUMUSAN MASALAH

  1. a) Bagaimana caranya membuka usaha martabak mini yang baik dan benar?
  2. b) Bagaimana caranya mengantisipasi persaingan usaha kuliner ?
  3. c) Bagaimana cara sukses menjalankan usaha kuliner martabak mini?

 

1.4      PROFIL ORGANISASI

Nama Usaha    : Martabak Mini Penggoyang Lidah

Jenis Usaha      : Kuliner

Alamat             : Jl. Marelan II No 79 – Kota Medan

Pemilik             : Zulkarnain Banu Area

 

1.5     VISI, MISI, DAN TUJUAN

  1. Visi

Mendirikan usaha martabak mini serta berusaha menciptakan lapangan karja bagi warga di sekitar kita.

  1. Misi
  • Memberikan kualitas makanan terbaik.
  • Memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan
  • Membuat martabak miniberbagai aneka rasa
  • Memasarkan martabak minidi pasar-pasar tradisional
  • Mendirikan usaha wisata kuliner dengan makanan khas negara kita
  1. Tujuan Usaha
  • Memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya.
  • Memenuhi kebutuhan konsumen
  • Menambah lapangan kerja.
  • Memotivasi orang lain agar dapat melakukan hal yang sama dengan ide-ide yang berbeda
  • Meningkatkan taraf hidup warga

 

1.6                    PRODUK

Adapun jenis-jenis martabak mini yang saya tawarkan dalam usaha ini kepada para konsumen antara lain:

  1. Martabak mini coklat
  2. Martabak mini kacang
  3. Martabak mini keju
  4. Martabak mini strawberry
  5. Martabak mini nanas
  6. Martabak mini blueberry
  7. Martabak mini srikaya
  8. Martabak mini coklat keju
  9. Martabak mini coklat kacang
  10. Martabak mini coklat kacang keju

BAB II

ANALISIS PELUANG USAHA

 

2.1                     ANALISIS SWOT

Setiap kegiatan untuk memulai usaha, maka hal yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah mengukur kemampuan terhadap lingkungan dan pesaing, yaitu melalui analisis SWOT:

 

  1. Strength (Kekuatan)
  • Menjual produk yang dapat dinikmati oleh seluruh kalangan masyarakat
  • 1 produk terdiri beberapa macam cita rasa
  • Diproduksi dengan bahan berkualitas dan baik untuk kesehatan

 

  1. Weakness (Kelemahan)
  • produk tidak tahan lama
  • Produk tergolong mudah untuk ditiru oleh pesaing

 

  1. Opportunity (Peluang)
  • Tempat yang strategis untuk menjalankan usaha
  • Fasilitas yang memadai untuk menjalankan usaha

 

  1. Threats (Ancaman)
  • pesaing yang menjual produk sama persis namun dengan harga yang lebih murah.

 

2.2     RENCANA USAHA

  1. Rencana Jangka Pendek

Usaha bisnis martabak manis yang saya rintis ini bertujuan untuk menambah pengalaman kerja didalam usaha bisnis bagi kalangan umum, selain dapat meningkatkan kreativitas, juga dapat dijadikan suatu usaha yang menjanjikan untuk kehidupan masa depan.

 

  1. Rencana Jangka Menengah

Usaha ini diyakini akan mampu berkembang dengan pesat di berbagai daerah-daerah medan dan sekitarnya. Dengan memperhatikan kualitas produksi dan pasar yang tepat sasaran untuk memasarkan produk.

 

  1. Rencana Jangka Panjang

Setelah sukses dan memiliki banyak pelanggan tetap, saya akan berusaha meningkatkan kualitas produk dan pelayanan dari usaha ini. Serta memperluas lokasi pemasaran dan menambah beberapa kantor di kota-kota besar Indonesia.

 

2.3     ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN

  1. Target Pasar

Lokasi tempat usaha ini berada di pinggir jalan raya dan ramai orang berlalulalang dan mereka dengan mudah dapat melihat dan mengetahui usaha saya ini. Bahkan tidak jauh dari lokasi tempat usaha saya ini terdapat sekolah SMA, ketika pulang sekolah sebagian dari mereka melewati tempat usaha ini.

 

  1. Pesaing

Ada banyak pengusaha kuliner dengan berbagai macam rasa, namun untuk saat ini hanya saya yang berjualan martbak mini di sekitar sini. Namun kita tetap harus pandai-pandai berkreasi dengan makanan yang kita olah, dari mulai rasa hingga desain yang menarik perhatian sehingga kita dapat menguasai sebagian pembeli yang ada di sekitar lokasi usaha.

 

  1. Sasaran Pembeli

Sasaran utama saya adalah seluruh masyarakat di sekitar lokasi tempat usaha, rasa martabak mini ini cocok untuk berbagai kalangan, baik tua maupun muda. Untuk harga saya membandrol martabak mini hanya Rp 5.000 saja agar dapat menguasai pasar semua kalangan, baik itu kalangan menengah keatas maupun menengah kebawah.

 

2.4     STRATEGI PEMASARAN

  1. Spanduk

Saya membuat spanduk yang besar dan menarik perhatian masyarakat sekitar, sepanduk tersebut saya letakkan di depan tempat saya berjualan agar orang lain dapat mengetahui bahwa saya sudah membuka usaha martabak mini.

Semakin bagus dan menarik spanduk yang kita buat maka akan semakin banyak pelanggan yang berdatangan karena rasa penasaran.

 

  1. Brosur

Promosi ini juga merupakan cara yang sangat banyak mendatangkan pelanggan, kita membuat selembaran kertas yang bergambar dengan keterangan produk. Selembaran tersebut dapat kita tempelkan di lokasi-lokasi keramaian sehingga mereka mengetahui usaha kita dan ingin mencoba.

 

2.5     LANGKAH-LANGKAH PROMOSI

  • Untuk awal-awal saya akan membuat martabak mini dan membagikan secara cuma-cuma kepada teman dan keluarga dekat saya yang berada tidak jauh dari lokasi tempat usaha.
  • Untuk pelanggan yang membeli 2 bungkus lebih saya akan memberikan 1 kupon, setelah kupon terkumpul hingga 10 maka dapat di tukar dengan 1 bungkus martabak mini secara gratis.
  • Saya juga akan memberikan potongan harga 10% jika pesanan melebihi 5 bungkus untuk menarik perhatian pelanggan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

PRODUK DAN PROSES PEMBUATAN

 

3.1     PROSES PEMBUATAN

Bahan-bahan dan proses membuat martabak mini juga sangat mudah, yaitu sebagai berikut :

Bahan:

  1. 2 butir telur
  2. 450 ml air
  3. 350 gr tepung terigu serbaguna
  4. 75 gr gula pasir
  5. 25 gr susu bubuk full cream
  6. 5 gr garam
  7. 5 gr baking soda
  8. 1 gr vanili bubuk
  9. 50 ml minyak sayur
  10. Filling: susu kental manis, keju, meses, kacang tanah, wijen “sesuai selera”

Cara membuat:

  1. Kocok telur dalam sebuah wadah dan masukkan air hingga air berbuih.
  2. Setelah itu, masukkan semua bahan kedalam wadah tadi dan kocok hingga tercampur rata
  3. Setelah itu barulah masukkan vanili dan minyak sayur dan aduk hingga rata. Jika sudah selesai maka diamkan adonan tersebut selama kurang lebih 30 menit.
  4. Sambil menunggu kita dapat memanaskan cetakan martabak, jika sudah kita dapat menuang adonan ke dalam cetakkan dan tutup sampai hingga permukaan adonan berpori-pori.
  5. Setelah itu taburlah sedikit gula pasir pada permukaan martabak. Tutup kembali cetakan hingga matang.
  6. Setelah martabak matang, angkat dan oles seluruh martabak dengan butter, tabur dengan coklat atau bahan lainnya sesuai pesanan pembeli untuk memperkaya rasa dan mempercantik tampilan martabak mini..

 

3.2     PERHITUNGAN MODAL DAN HARGA JUAL

  1. Jangka Panjang
No. Barang Banyaknya Harga
1. ·         Gerobak 1 Rp 3.500.000,-
2. ·         Kompor 1 Rp 250.000,-
3. ·         Tabung gas 3 kg Rp 170.000,-
4. ·         Teflon Martabak Mini FullSet 2 Rp

200.000,-

5. ·         Alat pemotong 2 Rp 80.000,-
6. ·         Toples 7 Rp 100.000,-
7. ·         Lap Tangan 3 Rp 30.000,-
8. ·         Kotak sampah + Ember 2 Rp 30.000,-
9. ·         Bola Lampu 3 Rp 100.000,-
10. ·         Kabel 1 meter Rp 50.000,-
11. ·         Saklar Lampu 1 Rp 40.000,-
12. ·         Banner 2 meter Rp 100.000,-
13. ·         Brosur 200 lembar @Rp1000 Rp 200.000,-

 

 

  1. Jangka Pendek
No Barang Ukuran Harga
1. ·   Terigu 2 kg Rp 14.000,-
2. ·   Telur 2 kg Rp 14.000,-
3. ·   Gula Pasir 1 kg Rp 10.000,-
4. ·   Garam 1 bungkus Rp 2000,-
5. ·   Soda Kue 1 bungkus Rp 3000,-
6. ·   Blue Band 1 bungkus Rp 5000,-
7. ·   Pewarna Kuning 1 bungkus Rp 3000,-
8. ·   Fermipan 1 bungkus Rp 3000,-
9. ·   Kacang Tanah ½ kg Rp 5000,-
10. ·   Keju 1 bungkus Rp 16.000,-
11. ·   Meises 1 kg Rp 5000,-
12. ·   Susu Kental Manis 1 kaleng Rp 7000,-
13. ·   Wijen 1 kg Rp 5.000,-
14. ·   Varian Rasa (7) 1 kg @Rp 10. 000,- Rp 70.000,-
15. ·   Kardus 40 @Rp 2000,- Rp 80.000,-
16. ·   Plastic 2 pack @Rp 25.000,- Rp 50.000,-

 

 

 

 

 

 

Harga Jual Martabak Mini= Rp 5.000,-  x 80 porsi = 400.000

Harga Beli bahan baku utama             Rp 2000,-

Bahan tambahan yang digunakan       Rp 1000,-

————–+

Rp 3000,-

Rp 3000 X 80 porsi = Rp 240.000

 

3.3     ANALISIS LABA RUGI

 

Pendapatan Penjualan             Rp 400.000,-

Harga Pokok Penjualan           Rp 240.000,-

—————- –

Laba Kotor                              Rp 160.000,-

 

Biaya Penjualan :

Biaya transportasi                                                          RP   10.000,-

Biaya sewa tempat                                                         Rp   5.000,-

Biaya listrik dan air                                                        Rp   5.000,-

Biaya tak terduga                                                           Rp   5.000,-

————— +

Rp 25.000,-

           

Laba Bersih = (Rp 160.000,-) – (Rp 25.000) = Rp 135.000,-

 

3.4     ANALISIS KEUNTUNGAN : 

 

 Pendapatan per bulan :

Omzet perhari Rp. 135.000

Omzet perbulan Rp. 135.000x 30 hari            = Rp. 4.500.000,-

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB V

PENUTUP

 

5.1     KESIMPULAN

Usaha martabak mini ini memang sangat berpotensi besar, cita rasa yang dimilikinya sesuai dengan berbagai kalangan..

Namun agar dapat sukses dalam usaha ini, kita tetap harus memperhatikan berbagai aspek seperti:

  • Cita rasa makanan yang kita produksi
  • Manfaat dari usaha
  • Harga yang kita bandrol
  • Sasaran usaha
  • Dan lain sebagainya

 

5.2     PENUTUP

Semoga saja dengan adanya proposal ini membuka wawasan dan keberanian kita untuk membuah sebuah usaha terutama dibidang kuliner yang memang sangat menjanjikan.

Demikianlah proposal usaha martabak mini ini saya buat. Semoga proposal ini dapat mambantu dan dapat bermanfaat bagi para pemabacanya.

Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut serta membantu dalam menyelesaikan proposal ini.

 

Dalam penulisan proposal ini saya merasan masih jauh dari kata sempurna. Maka dari itu, kritik dan saran dari para pembaca sangat saya harapkan sebagai bahan perbaikan proposal dan pertimbangan untuk membuat proposal di masa yang akan datang.

Atas segala waktu dan saran yang diberikan, saya selaku penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

 

Related Post to Contoh Proposal Usaha – Kuliner Martabak Mini (Bidang Usaha Makanan Minuman)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *