Contoh Proposal Bantuan Dana Usaha / Kewirausahaan

Contoh proposal usaha

Untuk mendirikan suatu usaha, apakah itu usaha yang bersifat kelompok maupun usaha yang bersifat perseorangan, faktor terpenting yang harus terpenuhi tentunya adalah modal usaha dan salah satu cara untuk mendapatkan tambahan modal usaha adalah dengan mengajukan proposal pengajuan dana usaha ke berbagai instansi baik itu swasta maupun pemerintah.

Melalui proposal kewirausahaan ini kita harus menjelaskan secara detail tentang rancangan usaha yang akan dibuat berikut jumlah dana yang dibutuhkan serta prospek dari usaha tersebut.

Bagaimana cara membuat proposal untuk bantuan dana usaha yang baik dan benar? Itulah yang akan menjadi pembahasan artikel saya kali ini.

Mungkin sebelumnya kalian pernah melihat beberapa contoh makalah kewirausahaan yang penjabarannya berbeda antara satu dan lainnya.

Maka dari itu, melalui artikel lain, sudah saya buat juga beberapa cakupan penting dalam membuat proposal yang bisa anda baca di contoh proposal pengajuan dana untuk usaha dan pada kesempatan ini saya akan berikan dalam bentuk contoh sebagai referensi dalam membuat proposal bantuan dana usaha.

Contoh Proposal Bantuan Dana Usaha / Kewirausahaan

Contoh Proposal Bantuan Dana Usaha

I. LATAR BELAKANG

Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan keluarga kurang mampu melalui berbagai program pemerintah dan melalui kegiatan bantuan hibah untuk pembangunan usaha memerlukan kerjasama antara pemerintah dengan masyarakat.
Salah satu upaya dalam mewujudkan keluarga sejahtera adalah dengan mengembangkan usaha ekonomi dan menumbuhkan serta memupuk jiwa kewirausahaan khususnya masyarakat ekonomi menengah kebawah.
Sebab keterbelakangan sosial ekonomi merupakan permasalahan pokok yang harus dipecahkan dan dihilangkan secara serius.
Pembangunan di semua bidang tidak terlepas dari kebutuhan dan kepentingan lapisan masyarakat maka menjadi kewajiban dari pihak pemerintah.
Secara geografis Pidie (Nama Desa/Alamat) terletak di pesisir pantai yang lautnya memiliki beragam biota laut baik ikan hias maupun ikan konsumsi.
Mata pencaharian penduduknya lebih terfokus pada pembudidayaan ikan hias skala rumah tangga selain itu juga ada yang menekuni pekerjaan lain seperti berkebun, beternak dan lainnya.

Agar minat atau gairah berwirausaha masyarakat di lingkungan Pidie dapat tumbuh dan berkembang tentunya dibutuhkan pemikiran dan tindak lanjut dari pemerintah.
Khusus bagi masyarakat atau penduduk yang menekuni bidang pembudidayaan ikan hias, satu permasalahan yang kerap kali terjadi adalah tatkala harga bibit terjun bebas sehingga perbandingan antara tenaga dan biaya operasional yang dikeluarkan sangat tidak berimbang.
Hal ini terjadi akibat beberapa faktor antara lain karena over produksi, faktor alam, dan faktor-faktor lainnya yang mempengaruhi.
Akibat dari permasalahan tersebut banyak para pekerja dan pemilik usaha budidaya tersebut beralih ke profesi lain bahkan eksodus ke daerah lain untuk mencari sumber penghasilan baru.
Kelompok nelayan (nama kelompok usaha) adalah kelompok nelayan yang dibentuk dengan tujuan menambah income setiap anggotanya lewat penangkapan ikan konsumsi sehari-hari.
Karena bisa dikatakan hampir semua anggotanya adalah para pekerja yang pada siang harinya berprofesi sebagai pekerja pada budidaya bibit ikan hias.
Sedangkan pada saat senggang atau pada saat malam hari, para anggota kelompok nelayan menangkap ikan konsumsi secara manual lewat beragam teknik sebagai pekerjaan sampingan dengan tujuan untuk menambah pendapatan.
Sehubungan dengan kondisi yang disebutkan diatas, kami yang berasal dari warga yang kurang mampu memiliki tekad untuk memperbaiki nasib dengan pendampingan dari pemerintah desa dan lembaga terkait.
Mengingat kemampuan yang sangat terbatas, dalam kesempatan kali ini kami sebagai masyarakat mencoba berusaha sendiri agar tidak menjadi beban pemerintah minimal mengurangi angka kemiskinan yang ada.
Dalam praktek pelaksanaannya kami atas nama Kelompok nelayan (nama kelompok usaha) mengajukan permohonan bantuan modal usaha.

II. TUJUAN

Secara singkat dapat dipaparkan tujuan dibentuknya kelompok nelayan (Nama Kelompok Usaha) Pidie (Nama Desa/Alamat) sebagai berikut :

  1. Meningkatkan hasil penangkapan ikan konsumsi dengan tersedianya fasilitas serta alat-alat penangkapan yang memadai
  2. Merubah pola pikir setiap anggota, dari mulai menangkap ikan sebagai pekerjaan sambilan menjadi profesi yang menjanjikan dan menghasilkan
  3. Sebagai media informasi dan untuk bertukar pikiran dengan terbentuknya kelompok nelayan serta dibangunnya balai kelompok nelayan yang refresentatif, dimana sebelumnya masing-masing anggota berjalan sendiri-sendiri
  4. Memupuk rasa kerja sama dan solidaritas antar sesama nelayan
  5. Memberikan peluang kepada keluarga kurang mampu yang tidak memiliki kemampuan untuk memperoleh modal dari pihak lain
  6. Pengembangan dalam menghidupkan potensi ekonomi lokal di wilayah tempat tinggal sekitar keluarga kurang mampu
  7. Penghasilan keluarga kurang mampu melalui usaha ekonomi produktif secara kelompok.

III. KENDALA

Dari kegiatan penangkapan ikan konsumsi yang telah dilaksanakan maupun akan dilaksanakan, ada beberapa kendala yang dirasakan sehingga keinginan untuk lebih memaksimalkan hasil tangkapan dapat dikatakan masih jauh dari harapan.

Kendala-kendala tersebut antara lain :

  1. Tidak tersedianya fasilitas penunjang bagi nelayan yang semestinya dimiliki antaralain : Jaring penangkap ikan, perahu viber, genset, maupun mesin dorong
  2. Tidak adanya modal untuk pengadaan fasilitas penunjang yang disebutkan di atas, oleh karena seluruh anggota kelompok adalah masyarakat yang penghasilannya pas-pasan.

IV. DAFTAR KEBUTUHAN FASILITAS KELOMPOK NELAYAN

  • Jukung viber kaping Rp.15.000.000
  • Sampan viber pengoncor Rp.2.500.000 @6 unit Rp.15.000.000
  • Genset + lampu Rp.2.000.000 @6 unit Rp.12.000.000
  • Mesin dorong 5,5 PK Rp.6.000.000 @6 unit Rp.36.000.000
  • Mesin dorong 6 PK Rp.7.000.000
  • Jaring kaping Rp.15.000.000

Maka total dari semuanya adalah Rp.100.000.000

V. PENUTUP

Sebuah keinginan besar yang ingin dicapai lewat terbentuknya kelompok nelayan (Nama Kelompok Usaha) Pidie (Nama Desa/Alamat) serta dengan tersedianya fasilitas-fasilitas dan alat-alat penunjang penangkapan ikan konsumsi, yakni dengan tujuan agar bagaimana kesejahteraan anggota kelompok khususnya masyarakat pada umumnya dapat meningkat.

Program bantuan modal usaha untuk rakyat kurang mampu dalam rangka peningkatan kesejahteraan, penanggulangan kemiskinan dan pengangguran adalah program yang sangat strategis dan harus dilaksanakan oleh pemerintah.

Tentunya program ini dapat memperbesar peluang bagi masyarakat ekonomi menengah kebawah yang ingin mengembangkan kegiatan kewirausahaannya.

Hal tersebut dapat terealisasi tentunya lewat bantuan dari para instansi terkait maupun pihak-pihak yang peduli terhadap program-program yang intensif dan berkelanjutan.

Tidak hanya secara efektif melibatkan anggota kelompok nelayan dalam pelaksanaannya, tetapi juga melibatkan beberapa komponen masyarakat lain yang memiliki misi yang sama demi kemakmuran masyarakat sekitar secara luas.

Contoh proposal usaha yang saya sampaikan di atas dapat kalian edit sesuai dengan jenis usaha kelompok maupun estimasi dana yang kalian butuhkan dan dalam membuat sebuah proposal bantuan dana usaha juga harus dilampirkan dengan lembar pengesahan dan susunan pengurus kelompok usaha atau anggota yang jelas.

Jika ada kesalahan dalam penulisan contoh proposal di atas atau ada yang kurang saya mohon maaf karena tidak mungkin dalam artikel ini saya lengkapi semua beserta lampiran-lampiran lainnya.

Mungkin dilain kesempatan saya akan coba membahas mengenai contoh proposal bantuan dana usaha kecil perorangan.

Jangan lupa baca artikel saya yang lainnya ya teman-teman.

Related Post to Contoh Proposal Bantuan Dana Usaha / Kewirausahaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *